Tuesday, August 21, 2012

That boy, wander alone...

Selamat malam... Judul diatas bukan judul cerpen/novel loh teman-teman. :)
Yak, postingan kali ini pake bahasa Indonesia aja deh biar gampang dimengerti dan dipahami juga tidak disalahartikan (semoga).
Awalnya sih mau posting sesuatu yang jolly and fun themed tentang hari-hari Ramadhan yang kemaren saya alamin trus juga mau pamer August haul yang berupa make-up stuff, tapi ada satu hal yang bener-bener bikin galau pikiran dan hati terus, akhirnya saya memutuskan untuk membatalkan posting hal-hal tersebut ;| tapi tenang ntar saya bakal ngepost poto-poto narsis yang oke pas Ramadhan kemaren. :p
Sekarang bela-belain ngepost demi ngilangin rasa galau di pikiran dan hati, sampe-sampe belain batal kerumah tante buat minta makan malam, juga batal mau nginep dirumah kakak sepupu yang cewe.

Jadi ceritanya gini loh penyebab galaunya...

 Tadi siang menuju sore sekitar jam 3an gitu kayaknya, ada satu bocah datang bertamu kerumah trus itu pas kita (saya sama mama) mau pergi kerumah keluarga. Ternyata itu bocah temen adekku, temen satu santri gitu, berarti umur itu bocah sama lah ya kyk adekku 12/13 tahun mungkin.
Trus itu bocah nungguin si adek  yg udah duluan dirumah keluarga, si adek udah ditelpon buat pulang karena ada temennya tp sayang telponnya ga diangkat. So, itu bocah duduk deh nungguin di ruang tamu.Trus mama suruh makan, dia makan..  Abis itu dia diam sebentar, mungkin bosan akhirnya keliling ruang tamu trus duduk deh di ruang komputer. Karena kita udah mesti pergi akhirnya mama suruh itu bocah pulang dulu trus datang ntar aja lagi. Iseng saya nanyain mama itu bocah tinggal dimana mama bilang dia lg tinggal di tempat Kel. Bu Hamid, entah untuk sementara atau gimana saya ga nanya lebih lanjut.
Oya, Adek saya itu nyantri di pesantrennya Alm. Pak Hamid, yang meninggal awal bulan puasa kemaren. (Inalillahi wa Inalillahi rajiuun..)

Udah abis itu saya kerumah keluarga, makan bla bla, pulang lagi kerumah karena ada temen datang. Abis itu mandi dan rencananya mau kerumah tante makan lagi dan nginep dirumah sepupu. Pas lagi mandi saya merenung mikirin apa aja yang udah saya laluin hari ini, trus tiba-tiba keingat bocah temen adek yang datang tadi. Saya kepikiran, 'itu bocah kenapa ga sama orang tuanya? kenapa dia datang sendirian? kenapa dia ga ngerayain lebaran sama keluarga nya?'.
Saya sih sebenarnya ga tau si bocah punya orang tua apa nggak (semoga masih punya) yang jadi concern saya kenapa itu bocah ada ditempat lain, bukan kayak adek saya yang lagi lebaranan sama keluarga.
Mungkin emang bukan urusan saya sih, mungkin emang bocah itu keluarganya sebenarnya lagi disini. Cuma dari situ saya kepikiran berapa banyak anak-anak lain yang sebenarnya ga ngerayain lebaran bareng orangtua mereka. Antara mereka emang ga punya orang tua/keluarga atau mereka memang lagi jauh dari keluarganya. Gatau, yang jelas dari situ saya miris aja ngeliat perbandingan yang keluargaku punya sama mereka yang ga berpunya.

 

--Bagian yang ini sekedar sharing

Adek saya akhir-akhir ini minta xbox kinect, padahal dia udah punya wii. Walaupun saya ga liat bedanya diantara dua benda itu, mungkin juga karena saya ga minat lagi sama games (maklum udah gede haha) tapi adek saya ngotot xbox itu lebih keren dan lain-lain. Ortu sih belum mau kasih, mungkin mereka sependapat sama saya kalau dua hal itu gag ada bedanya, walaupun saya mahfum si adek pengen nyoba teknologi yang terbaru.
Terus saya kepikiran, dia kan anak pesantren, tinggal di asrama untuk jangka waktu lumayan lama tinggal satu asrama sama anak-anak cowok yang backgroundnya beda-beda. Semoga perbedaan itu ga menjadikan dia pribadi yang sombong ya, secara dia masih cukup beruntung dilahirkan di keluarga yang berkecukupan. Dan juga ga jadi pribadi yang penggerutu karena ga dibeliin xbox padahal sepupunya udah punya lama.
Lingkungan dia itu termasuk lingkungan yang ekstrim kayaknya, yang di satu sisi teman-temannya jauh dari pegangan materi (yang dimana menentukan makmur tidaknya keluarga mereka), sehingga semuanya setara dan sama. Satu sisi lain malah sebaliknya, kecanggihan teknologi terbaru itu udah kayak tolak ukur kualitas manusia. Saya harap dia nya cukup bijak menghadapin perbedaan dan bisa bersikap adil, ga membanding-bandingkan yang satu antara yang lain.

--LANJUT KE TOPIK UTAMA

Kalau saya sih sebenarnya hidup di lingkungan yang ga se-ekstrem adek saya alamin, lingkungan saya sih ya rata-rata sama kayak saya, melek teknologi setidaknya.
Pengalaman ketemu bocah itu yang bikin saya sadar, sehabis senang-senang dan memakmurkan diri di hari raya. Sadar kalau sebenarnya ada orang lain yang gabisa nikmatin hari raya layaknya hari raya yang bagi kita itu hari raya (belibet ya? saya juga bingung ngungkapinnya).
Maksudnya sih lebaran bagi kita itu umumnya makan-makan, dapet THR, makan-makan lagi, sungkem sama keluarga dan orang tua.
Tapi, ternyata ada loh yang ga ngerayain hari raya kayak yang umumnya kita lakuin. Misal, gabisa sungkem sama orang tua karena emang dia ga punya, atau ga dapet THR karena dia ga punya keluarga yang bakal ngasih.
Wew, kalau dipikir-pikir saya itu orang paling beruntung di dunia.

Maksud saya nulis postingan ini bukan untuk bersikap munafik berpura-pura peduli sama mereka yang tidak mampu, untuk mendapat simpati atau apalah, yang perlu simpati sih bukan saya tapi mereka yang ga mampu.
Saya nulis hal ini karena saya belum tau cara lain untuk nunjukin kepedulian saya. Satu-satunya cara ya saya menyuarakannya, mungkin diluar sana ada beberapa atau malah BANYAK orang yang sebenernya peduli tapi sama-sama diam, dan cuma bisa menangis miris dalam hati.
Kalau nggak ada satupun yang bersuara, lalu siapa yang akan tahu? siapa yang akan bergerak?.

Terus saya juga gabisa sendirian untuk membantu mereka anak-anak yang kurang beruntung, saya pengen ngajak kalian yang udah baik hati banget baca postingan ini sampe ke kalimat ini :') buat sama-sama saya menyumbang di panti asuhan di kota kita, Balikpapan. Bagi yang di kota lain juga gapapa kok mau ikut nyumbang, mau nyumbang di panti asuhan lain juga ga masalah.
Khusus untuk di kota saya, saya ngajak kalian yang hatinya tersentuh ingin menyumbang sebagian THR kalian ke Panti Asuhan (yang setelah tanya-tanya ke mama panti asuhan mana yang lebih membutuhkan biaya, tapi sayang beliau lupa namanya tapi tau tempatnya) di Karangjati, Panti Asuhan yang terhitung kecil dan masih membutuhkan banyak biaya untuk pengurusannya.
Yang mau mengusulkan panti asuhan lain juga silakan, tapi saya harus tau tempatnya karena entar saya yang bakal kordinir penyerahterimaannya. :')

Kenapa saya ngajak untuk sedekah bareng-bareng? karena sama kayak sholat, kalau jamaah itu pahalanya lebih gede, saya ga ahli agama tapi kalau soal ini tau lah.

Semoga kalian-kalian yang udah sempetin baca mau berpartisipasi, kalaupun ngga ada juga ya saya tetap akan bersedekah kok. :')

Kalo kalian kurang percaya sama saya bisa kontak saya aja lewat twitter dan tanya lebih lanjut @HRNATE atau lewat e-mail nate120394@gmail.com

Terimakasih banyak atas perhatiannya. x x x
Cheers,

Nate






1 comment: