Thursday, August 16, 2012

Happy Independence Day INDONESIA

Bonjour! Good morning! :D
17th August is my country independence day! since some people speculated we have to show respect to our beloved country on this special day, I'm gonna post in bilingual language, first in Indonesian then English.
Oh FYI, the reason why I'm using English in every posts is because I don't want to limit the reader from Indonesia only. I have to assume people from other countries would read this blog too, so they will understand what I'm saying. English is a global language isn't it? If mandarin was, my blog would probably filled by hanzi now. ;D

--
Tadi barusan di twitter baca twit dari @yeahmahasiswa yang mempertanyakan seberapa besar rasa nasionalisme kamu ke Indonesia? (intinya gitu deh ya) nah terus jadinya tergelitik pengen ngebahas arti nasionalisme itu sendiri, hehe. Ada yang bilang nasionalis itu ya pasang bendera merah putih depan rumah, ngucapin selamat ulang tahun ke Indonesia, lomba panjat pinang, dll.

Menurut pendapat aku pribadi ya, nasionalisme itu ga cuma ditunjukan di saat hari kemerdekaan aja loh. Nasionalisme itu adalah aksi-aksi yang kamu lakuin untuk negara Indonesia sendiri, ibaratnya saat di 17 Agustus itu lah kamu pamer 'hasil' atau lebih jelasnya prestasi dari yang selama ini kamu lakukan untuk Indonesia, negara mu sendiri.
Contohnya nih, aksi nasionalisme yang memberi dampak besar untuk negara.

Usahain diri sendiri untuk jadi orang kaya, mau jutawan, miluiner, triliuner apadeh yang penting kaya. Tapi ga cuma kaya harta tapi juga kaya hati sehingga semua kekayaan yang kamu miliki itu dibagi rata sama orang yang ga mampu. Hasilnya, ya memberantas kemiskinan. Terus kalau kamu orang kaya, kamu bisa jadi sponsor untuk para atlet-atlet Indonesia (mau jadi sponsor nyuciin baju mereka juga ga apa), dibandingkan cuma bisa komentar depan tv soal payahnya atlet Indonesia.

Kalau menurut kamu jadi kaya itu berat, ada kok aksi nasionalis yang lebih simpel dan terjangkau.Contohnya nih ya, sebagai pelajar tunjukin kelebihan kamu. Gag cuma dibidang pelajaran aja, dibidang seni, musik, lukis, desain, bahkan olahraga juga bisa kamu kembangkan dan diperlombakan di dunia Internasional.

Oke, kalau itu masih terlalu berat ya lebih baik mulai dari yang kecil-kecil aja dulu deh. Soalnya saya pribadi juga belum bisa melakukan hal-hal nasionalisme tersebut, hehe.
Mau tau aksi nasionalis apa yang bisa terus kamu pupuk dan bisa kamu petik hasilnya nanti? ga cuma untuk negara tapi juga untuk diri sendiri loh.

Yaitu. . . BERSEDEKAH.

Bingung? ga nyambung? nyambung lah. Dengan bersedekah ke orang lain aja itu udah sama dengan memberantas kemiskinan loh, walaupun dengan aksi yang hitungan nya kecil sekalipun.
Soalnya tau ga, kalau kamu ngucapin 'selamat hari merdeka Indonesia' atau 'selamat ultah Indonesia' itu sama aja kamu ngucapin ke diri sendiri dan teman-teman lain yang juga orang Indonesia, karena Indonesia itu ya perwakilan dari masyarakatnya sendiri. Ibaratnya, kemerdekaan Indonesia itu adalah kemerdekaan kita juga.
Jadi, cobalah untuk memerdekakan diri dari batasan-batasan yang kamu punya, contohnya membebaskan diri dari keterbatasan finansial dengan bersedekah.
Kalau kamu ngerasa belum pantas bersedekah karena belum punya penghasilan kamu salah besar. Justru dengan bersedekah (misal dengan uang jajan yang kamu punya deh) malahan menarik rejeki buat kamu, itu namanya hukum tarik-menarik. Hal kayak gini gausah diraguin lagi, udah dibahas oleh setiap agama tentang hebatnya efek dari saling memberi.

Bisa dibilang bersedekah itu sama aja dengan aksi nasionalis yang bisa kamu akumulasi setiap hari dan dipamerkan hasilnya 'nanti'. Selain itu bersedekah juga membantu menyeimbangkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, menjembatani antara yang miskin dan kaya.
Bayangin aja, kalau kamu juga merupakan bagian dari orang-orang yang membantu memberantas kemiskinan, hanya dari bersedekah.

Dari hal yang kecil sekalipun bisa mempengaruhi perubahan yang BESAR.
(ps : seperti halnya makna dari judul blog aku 'little big things')

Kalo gitu kenapa enggak untuk bersedekah? ga cuma untuk hari ini aja tapi untuk seterusnya, sampai akhir hayat terus menyokong negara kita dengan bersedekah. Siapa tau, kamu bisa mamerin 'hasil' dari aksi nasionalismu ini di 17 Agustus tahun depan. ;)


-- Now for the English version :D

 Because today is my country Independence day my twitter timeline's was flooded with the same topic, and one of a twitter account said something that was catching my eyes.
He said 'So today is an independence day. Tell us, how nationalist are you.. #wonkameme'.
That simple sentence was tickling myself to talk about nationalist issue in my country. Our people usually celebrates the independence day by displaying country's flag in front of their houses, or organizing playful contest such as 'panjat pinang', 'lompat karung', followed with prizes. Some people do ceremony but I guess it is just some kind of ritual that nowadays doesn't hold any special meaning in their heart anymore.
As in my opinion, nationalist actions not only showing on the independence day, nationalism is an accumulation of actions you've done to your country. And, the 17th August it's the time when you could proudly present the 'result' of your accumulated actions.
For the example of what kind of actions you could do to refer the 'nationalism' word.
You could try to become a rich man with rich heart so you could donate half of your wealth to the needy, that way you're also help to reduce the poverty. With your wealth and richness you could do anything to help your country as an indicate of your nationalism.
 I know to become a rich man is a hard task, so I suggest if you are a student and haven't done anything worthy, why not give it a try? You could expand your skill and ability not only in education but also in art, music, design, sport, or else that you're good at. And try to compete it on International conpetition while bring along your country's name.
And if, that's still a hard task to do, I still had another suggestion  Start with simple and little action, an action that you could do daily and you could get the result somehow in the future, not only for you but also make an impact to your country.

The Action is to GIVE ALMS.

Somehow giving alms to the needy people is equally with reducing the poverty, even counted to the small pieces. Because the meaning of Independence of a country itself, referring to the independency of the people. It is our Independence day so at least try to freed yourself from the limited you had, such as in finance.
Give alms not an obligation of the wealthy people only, even a jobless student have to do that too, why? Because give alms will somehow become a trigger for your own sustenance.
It is the Law of Attraction works here, when you gave 'something' to other people, another people will give you even bigger 'something' too.
After all, can you even imagine, that you are actually one of the people that influence of reducing the poverty by giving alms to the needy?

 From little things come the next BIG things.

(note: the sentence above also the meaning of my blog's title :p)

--

AND. . . . YEAH. THANK YOU FOR YOUR TIME, READING THIS POST! :D
I hope it help and inspired you. x x x

Nate











No comments:

Post a Comment