Sunday, July 17, 2016

Friendship goal

Credit Pic: Choi Mi Kyung


Banyak orang berpikir persaingan antar teman itu wajar, bahkan antar sahabat/teman dekat. Mungkin jadi bermanfaat kalau bersaing secara sehat dan dilakukan secara terang-terangan. Tapi yang lebih tepat adalah sesama teman dekat harus lah saling mendukung, bukan bersaing. Konotasi bersaing itu negatif, kesan nya adalah saling menjatuhkan, berusaha menjadi lebih baik daripada pihak lain, atau menjadikan pihak satunya kalah supaya diri sendiri menang.

Dalam hal saling mendukung, tidak perlu ada salah satu pihak yang kalah, kedua-duanya (atau semuanya) dapat menang. Jika salah seorang jatuh, mereka akan membantu ia bangkit, dan jika salah satu belum mencapai garis finish mereka akan membantu mempercepat ia sampai garis finish.

Pertemanan yang sehat tentu mereka yang saling mendukung dan menyokong. Kalau teman terdekat seakan bersaing dengan mu, merasa ia harus lebih baik dan bahkan berbohong demi terlihat lebih baik dari mu.. ia bukan contoh teman yang baik.
Mungkin ia memilih bersaing karena ia sadar level kamu diatas dia. Sehingga ia selalu berusaha mengejar demi membuktikan ia lebih baik.

Yang harus selalu dipahami adalah, akan selalu ada orang-orang yang lebih baik, lebih kaya, lebih menarik, lebih sholeh dari kamu. Persaingan tidak akan pernah menjadikan diri lebih baik dari siapapun, persaingan hanya akan merusak hubungan yang sudah terjalin dikarenakan berbohong, rasa iri, rasa minder, dll.

***

Kalau memang teman dekat jauh lebih hebat, akuilah dan bersyukurlah mempunyai teman (apalagi kalau teman dekat) seperti dia, karena dari dia kita bisa mendapatkan tips-tips dan mungkin saja dia akan dengan senang hati membantu kamu untuk menjadi sama hebatnya.

Ah, Tapi ada juga orang-orang hebat yang pelit berbagi tips tuh. Kalau seperti itu, mungkin dia memang belum cukup hebat untuk berbagi ;)

Karena nya berteman lah secara sehat, saling mendukung, saling berbagi dan yang terpenting saling jujur dan terbuka

Bersaing hanya ke diri sendiri untuk memompa diri menjadi jauh lebih baik dari diri yang kemarin.




Love,
N

No comments:

Post a Comment