Monday, May 30, 2016

Force yourself to change, to be better.

Hello~ 2016! Wow!



I've been wondering back and forth did I change drastically in few years? while looked back through my archives in this blog. I think i did change. Let's pray I did.




So 2016, I turned twenty something, i graduated, i have jobs, still struggling to be a full-time designer though, and um-- what else?




Each year, I gained and lost things but i always learn something new. So let me share it here.




Well, I will write in bahasa.


Akhir-akhir ini baru tersadar kalau penting bagi Saya pribadi untuk berani bergaul dengan lingkup sosial yang baru, demi keluar Dari zona nyaman. Di lingkungan sosial Saya yang baru, hampir semuanya berisi manusia yang berpribadi baik Dan sangat mengunjung tinggi Islam dimana keyakinan mereka diterapkan Dalam kehidupan sehari-hari. Mereka-mereka ini sangat inspiring, dinamis Dan positif. 

Sampai aku berpikir, kemana aja nat?

Beberapa tahun aku stuck di lingkungan yang sama, kelewat nyaman. Aku merasa aku sudah menjadi pribadi yang baik, aku merasa cukup dengan sikap dan sifat aku yang saat itu. Dulu aku berpikir ga perlu lah aku maksain diri bergaul dengan mereka yang religius dan yang sungguh-sungguh mempelajari ilmu Agama, karena aku cemas aku akan menjadi seseorang yang menganggap dirinya 'suci' dan membanding-bandingkan diri dengan orang yang belum hijrah. 

Astagfirullah khilaf banget sempat mikir, khawatir jadi 'sok suci'.  

Pada kenyataannya, di saat aku berbaur dengan mereka yang religius.. Aku merasa yang paling hina. Aku merasa paling bodoh dan paling pemalas sebagai seorang hamba Allah. Ga sempat lagi lah memperhatikan apakah orang lain lebih baik atau lebih buruk, karena tersadar diri ini rendah dan jauh tertinggal oleh mereka yang selalu berlomba-lomba meraih ridho Allah.

Kalau ada keinginan pasti ada jalan. Walaupun cuma keinginan... keinginan yang tersimpan di sudut pikiran bahwa Saya ingin trus mengoreksi diri Dan memperbaiki diri. Keinginan ini ternyata didengar oleh Allah SWT Dan dikasih jalan oleh-Nya. Perlahan-lahan, mengenal berbagai jenis orang yang Alhamdulillah banyak dari mereka adalah orang yang baik dan sangat positif. Perlahan-lahan memaksa diri untuk bersosialisasi Dan berbaur..sebenarnya sih ga pernah merasa 'perlu memaksa diri' karena semua terjadi dengan alami. 

Terlalu nyaman dengan lingkungan yang ada, menyebabkan Saya hanya berjalan di tempat, tidak menjadi pribadi yang lebih baik Dan tidak mampu memperbaiki diri maupun menimba ilmu-ilmu baru. Secara halus, Allah mulai menuntun Dan merancang hidup Saya untuk bertemu dengan manusia-manusia yang mendukung perkembangan Saya ke arah yang lebih baik. Alhamdulillah, Allah masih peduli Dan masih sayang kepada hambanya yang kelewat malas ini. Iya malas berubah.

Sampai heran, bahkan keinginan yang tidak Saya sampaikan secara langsung tetap dikabulkan oleh-Nya.


Ya begitu pengalaman saya, kelihatannya sepele ya tapi perubahan ini efeknya significant banget di hidup Saya. Mungkin kalau Saya orangnya cuek bebek ga bakal dengan mudah terpengaruh lingkungan. Tapi Saya termasuk yang gampang terpengaruh apalagi sama orang terdekat. Maksudnya terpengaruh ini, terpengaruh energi dan emosi nya ya. Kalau orangnya berenergi negatif Dan leleus ya aku bisa terpengaruh, begitu sebaiknya. 
Dan hasil dari penularan energi itu memang ga kelihatan di permukaan tapi pasti pada ngerasa deh kalau di lingkungan orang yang pesimis bawaan nya jadi pesimis juga, tapi begitu dekat sama orang yang optimis sedikit-sedikit jadi belajar untuk optimistic juga. Ya gak?

Aku sendiri sih termasuk orang yang mager dan suka prokras, sikap ini ga akan bisa dirubah sama orang lain kecuali diri sendiri yang merubah hahaha tapi mager aku berkurang kalau sudah deket-deket orang yang rajin dan bersemangat. Ntar nyari pasangan hidup harus yang kayak gitu berarti deh :p

Yah sebenarnya, antara kamu dibentuk oleh lingkungan atau kamu lah yang menarik lingkungan yang kamu inginkan. Dan jangan pernah takut meninggalkan hal-hal yang merugikan kamu.

Doakan ya supaya Saya bisa jadi pribadi yang strong yang mudah mempengaruhi untuk kebaikan dan bukan yang mudah terpengaruh lagi, rajin Dan bersemangat juga selalu berpikiran positif. Aamiin.













No comments:

Post a Comment